Manfaat Adas Untuk Kesehatan Tubuh

4 Manfaat Adas Untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Bagi masyarakat Jawa, terutama area Jogja, Adas bukanlah tanaman yang asing. Tanaman yang satu ini seringkali dijadikan obat, sehingga sengaja ditanam di pekarangan rumah. Masuk dalam kategori TOGA, tanaman ini seringkali diramu dengan campuran bahan herbal lainnya untuk kesehatan. Biasanya, penjual jamu akan meracik tanaman tersebut untuk dicampur dengan polowaras. Berikut adalah manfaat yang dapat anda temukan dari tanaman rempah yang satu ini.

Manfaat Adas

1. Obat Anemia

Adas dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan masalah anemia. Zat histidin dan zat besi didalam tanaman tersebut bekerja untuk merangsang tubuh sehingga dapat meningkatkan produksi hb. Selain itu, fungsinya tak lain adalah untuk meningkatkan produksi sel darah merah yang ada di dalam tubuh. Jika hemoglobin terus meningkat, maka masalah anemia pun akan terselesaikan.

2. Adas Untuk Mengobati Masalah Sistem Pencernaan

Minyak esensial yang ada pada biji adas dapat juga dimanfaatkan untuk mengatasi masalah sistem pencernaan. Anda bisa menggunakan pengobatan alami ini dengan cara mengunyah biji tersebut. Waktu yang paling tepat untuk menonsumsinya adalah sehabis makan besar. Tidak hanya untuk membantu sistem pencernaan lebih lancar, anda juga bisa memanfaatkannya untuk membantu sekresi pada asam lambung, mencegah peradangan usus, dan mengurangi resiko peradangan pada lambung.

3. Obat Perut Kembung

Tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung. Hal ini dikarenakan kandungannya yang bekerja secar aktif sebagai antiflatulent. Sehingga, produksi gas pada perut dapat dikurangi dengan menggunakannya.

4. Obat Sembelit

Anda juga bisa memanfaatkan biji adas untuk dihaluskan dan dijadikan sebagai larutan pencahar. Untuk yang sedang menderita sembelit, kandungan serat yang tinggi dapat ditemukan pada tanaman yang satu ini. Sembelit pun dapat diatasi karena cara kerjanya tak lain untuk menjaga agar pergerakan peristaltic pada usus tetap berjalan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *