Beras Jagung dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

5 Beras Jagung dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Beras Jagung atau yang lebih sering dikenal dengan nasi empog atau nasi jagung adalah salah satu makanan yang sangat khas di Nusantara. Makanan ini dibuat dari bahan utama jagung yang sudah tua kemudian ditumbuk. Nah, banyak orang yang suka mengonsumsi makanan pokok tersebut, umumnya adalah masyarakat Jawa, Sumbawa, Flores, dan juga pulau Timor. Nasi ini adalah pengganti nasi putih. Kendati demikian, ada banyak manfaat yang luar biasa yang dapat anda temukan pada makanan pokok tersebut sebagaimana berikut.

Jagung herbal

1. Bagus Untuk Penderita Diabetes

Nasi jagung dan nasi putih tidaklah sama, dan bahkan nasi jagung jauh lebih sehat dibandingkan nasi putih, mengapa demikian? Hal ini dikarenakan Beras Jagung punya kandungan karbohidrat yang berbeda. Jika mengonsumsi nasi putih, maka kandungan karbohidrat didalamnya adalah karbohidrat sederhana. Lain jika anda mengonsumsi nasi jagung karena karbohidratnya adalah karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks akan membuat sistem pencernaan mencernanya dengan sangat lambat. Ini akan membantu untuk menurunkan kadar gula didalam tubuh. Itulah mengapa para penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi nasi jagung.

Menariknya lagi, nasi jagung sangat membantu dalam mengelola non-insulin dependent diabetes mellitus atau disingkat dengan NIDDM. Kandungan phytochemical fenolik pada seluruh jagung akan sangat baik untuk penderita hipertensi. Sedangkan senyawa fitokimia dibutuhkan tubuh untuk membantu pelepasan insulin.

2. Sehat Untuk Program Diet

Tidak hanya bagus untuk para penderita diabetes, kadar gula yang rendah dalam nasi jagung juga sangat bermanfaat terutama untuk anda yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan dan ingin mencoba untuk melakukan program diet yang aman yaitu dengan mengonsumsi nasi jagung.

Nasi jagung yang rendah kadar gula juga akan membantu anda merasa kenyang lebih lama. Apalagi karena sistem pencernaan akan mencerna karbohidratnya yang kompleks dengan sangat lambat, sehingga perut tidak mudah kosong.

3. Menyehatkan Mata

Jagung juga mengandung senyawa lainnya yang penting yaitu karetenoid. Karetenoid mengandung zeaxanthin dan luthein yang mana akan menambahkan pgimen kuning pada jagung. Pigmen inilah yang juga sangat bermanfaat untuk menjaga mata untuk tetap sehat. Anda juga berpotensi terhindar dari masalah gangguan penglihatan mata termasuk katarak jika rajin mengonsumsi Beras Jagung.

4. Menyehatkan Wanita Hamil

Jika anda sedang hamil, maka sebaiknya rajinlah mengonsumsi nasi jagung. Pasalnya, jagung juga kaya asam folat. Seperti yang kita ketahui, asam folat dibutuhkan untuk para ibu hamil guna menjaga pertumbuhan janin. Kekurangan asam folat justru sangat berbahaya karena dapat membuat janin cacat. Atau, asam folat juga membuat berat badan bayi menurun saat dilahirkan. Sedangkan pada wanita yang sedang menyusui, jagung akan membantu untuk meningkatkan produksi ASI.

5. Mencegah Kanker

Pada Beras Jagung, anda juga dapat menemukan kandungan serat yang cukup banyak. Fungsi serat tentu sangat penting untuk sistem pencernaan. Serat yang cukup akan membantu tubuh terhindar dari masalah seperti kanker usus besar. Apalagi, dalam nasi jagung juga memiliki asam fenolik, senyawa ferulik yang bekerja sebagai anti kanker. Senyawa ini telah dibuktikan secara ilmiah untuk membantu memerangi tumor secara efektif, terutama tumor yang memicu kanker payudara dan juga kanker hati.

Tidak hanya itu, tetapi juga ada kandungan anthocyanin yang ada didalam makanan pokok yang satu ini. Cara kerjanya adalah untuk memerangi radikal bebas. Anda mungkin sudah tahu bahwa radikal bebas adalah pemicu masalah kanker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *