Manfaat Beras Merah Organic Bagi Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Beras Merah Organic Bagi Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Masyarakat Indonesia mayoritas mengonsumsi beras putih, akan tetapi bukan berarti beras merah organic kalah populer. Banyak masyarakat juga yang memutuskan untuk berpindah pada beras merah yang organic karena lebih sehat. Kendati rasanya yang kurang lezat dibanding beras putih, tahukah anda bahwa kandungan gizi pada beras merah jauh lebih banyak dan sangat bermanfaat untuk tubuh? Berikut informasi yang dapat anda simak tentang apa saja manfaat pada bahan makanan pokok yang satu ini.

Beras Merah

1. Menjaga Syaraf Tetap Sehat

Beras merah organic punya kandungan vitamin B, termasuk vitamin B12. Fungsinya juga cukup baik untuk reproduksi saraf. Vitamin B akan membantu agar sel saraf dapat yang rusak dapat diganti dengan sel saraf yang baru. Pembentukan ini sangat penting karena berhubungan dengan pembentukan selubung myelin pada bagian tubuh. Fungsinya tak lain adalah untuk membantu memberikan perlindungan pada sel saraf. Apa yang terjadi jika selubung mielin terganggu pembentukannya? Hal ini akan membuat otak lambat menerima rangsangan.

2. Mencegah Sakit Pada Kardiovaskuler

Sebuah penelitian yang dilakukan di Temple University School of Medicine yang terletak di Philadelphia menyebutkan bahwa beras merah organic punya kandungan angiotensin II. Fungsinya tak lain adalah untuk mengatasi penyumbatan yang dapat terjadi pada pembuluh arteri. Serta, fungsinya juga cukup baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Beras merah juga dapat membantu mengatasi berbagai penyakit degenerative seperti lever, asma, hipertensi, dan juga diabetes.

3. Kandungan Serat Tinggi

Kandungan serat pada beras merah lebih banyak jika dibandingkan dengan beras putih atau beras lainnya. Serat yang ada pada beras merah organic tak lain dapat mengatasi berbagai gangguan pencernaan seperti perut kembung, sembelit, juga masalah pencernaan lainnya. Anda juga bisa menggunakan serat untuk mengurangi kolesterol yang ada di dalam darah. Inilah mengapa aliran darah jadi lebih lancar jika konsumsi serat dapat tercukupi dengan baik.

Pada beras merah organic, kandungan serat yang tinggi punya hubungan kuat dengan indeks glikemik. Kandungan serat yang makin tinggi akan mebuat indeks glikemik semakin rendah. Artinya, semakin rendah indeks glikemik, maka dapat memperlambat masuknya glukosa kedalam darah. Sehingga, dari serat yang tinggi tadi akan membuat anda terhindar dari resiko diabetes.

4. Mengatasi Masalah Kesehatan Karena Kurangnya Vitamin B

Apa yagn terjadi jika tubuh kekurangan vitamin B? Maka, tubuh akan mudah terserang berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang menyerang tubuh karena kekurangan vitamin ini adalah rematik, beri beri, kesemutan, sakit pinggang, dan lainnya. Anda bisa memulai hidup sehat dan mencegah penyakit karena kekurangan vitamin B dengan rajin mengonsumsi beras merah organic.

5. Beras Merah Organik Bagus Untuk Tulang

Zat magnesium yang tinggi pada beras merah yang organic akan membantu agar tulang anda tetap sehat. Selain itu, zat ini juga dibutuhkan agar manfaat kalsium pada tulang bisa seimbang. Beras merah yang organic juga punya kandungan fosfor yang sangat besar. Fungsinya tak lain adalah untuk menjaga bagaimana kepadatan tulang.

Magnesium dan fosfor merupakan dua zat penting yang dapat anda temukan pada makanan pokok yang satu ini. Fungsinya tak lain adalah untuk menjaga agar tulang tetap sehat. Anda juga bisa mengurangi masalah yang bisa terjadi karena osteoporosis.

Kendati beras merah yang organic bukan menjadi bahan makanan pokok untuk banyak orang, anda bisa memulai kebiasaan yang sehat ini. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *