Sirih Hitam dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

5 Sirih Hitam dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Diposting pada

Sirih Hitam merupakan daun yang masuk dalam genus piper. Bentuknya bahkan mirip seperti hati, namun warnanya adalah hitam pekat. Bahkan, warna pekatnya ini ada di bagian daun, batang, sampai ke akar. Jika daun tersebut dipetik kemudian dijemur, warnanya juga tidak akan berubah menjadi cokelat seperti daun kering lainnya. Banyak orang beranggapan bahwa daun tersebut juga punya keistimewaan seperti tidak ada bayangannya. Berikut adalah berbagai manfaat yang akan anda temukan dalam daun sirih hitam.

Sirih Hitam

1. Berkhasiat Untuk Cuci Darah

Cuci darah adalah jalan satu-satunya yang harus ditempuh oleh para penderita ginjal kronis. Hal ini terjadi dimana ginjal penderita tidak bisa berjalan dengan semestinya. Untuk menjalankan program cuci darah secara alami atau herbal, anda bisa menggunakan daun sirih hitam. Caranya juga terbilang mudah. Pertama, potong-potong terlebih dahulu daun tersebut. Kemudian rebus sampai mendidih dengan air yang tadinya dua gelas menjadi 1 gelas. Setelah itu, saring dan kemudian minum air rebusan tersebut berturut-turut dalam waktu 30 hari dengan resep 3 kali sehari.

2. Obat Asma

Asma adalah penyakit kronis. Masalah pada saluran pernapasan ini dipicu akibat adanya peradangan dan juga penyempitan terutama pada bagian saluran penapasan. Dalam kondisi demikian, anda akan merasa sulit untuk bernapas. Gejala-gejala lainnya adalah nyeri pada dada disertai batuk.

Asma dapat diatasi dengan cara menggunakan daun yang satu ini. Caranya adalah dengan menyiapkan 10 lembar daun tersebut untuk kemudian dihaluskan. Setelah itu, anda bisa menggunakannya sebagai obat oles. Caranya yaitu dioles pada bagian leher dan bagian dada ketika asma sedang kambuh. Daun ini akan memberikan efek hangat yang akan membantu mengatasi penyempitan terutama pada bagian bronkus. Cara ini sebaiknya dilakukan setiap malam dan setiap subuh untuk membuat asma membaik.

3. Mengobati Bronchitis

Apa itu Bronchitis? Masalah kesehatan ini akan terjadi jika paru-paru menglaami radang pada salurannya. Bronchitis ini dapat diobati dengan menggunakan sirih hitam. Cara menggunakannya adalah menyiapkan 7 lembar daun tersebut untuk kemudian dipotong-potong. Kemudian, rebus daun tersebut bersama dengan gula batu sebanyak 2 butir. Rebusnya juga harus dalam 2 gelas air. Terus rebus walaupun sampai mendidih hingga air yang tersisa adalah 1 gelas. Setelah saring, anda bisa meminum air tersebut sebanyak 3 sendok makan secara rutin. Anda harus minum 3 sendok makan dengan dosis 3 kali sehari.

4. Obat Batuk Rejan

Batuk rejan adalah salah satu masalah yang disebabkan adanya infeksi bakteri bordetella pertussis. Bakteri ini akan langsung menyebar secara cepat ketika penderitanya sedang batuk. Kondisi gangguan pernapasan ini merupakan penyakit yang menular. Nah, jika anda ingin menyembuhkan penyakit tersebut, anda bisa menyiapkan tiga lembar sirih hitam bersama dengan akar manis sebanyak 15 gram, rimpang 8 gram, dan air 150 ml.

Caranya tak lain adalah dengan merebus seluruh bahan tersebut sampai benar-benar mendidih. Kemudian, minum ramuan tersebut sebanyak dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari sebelum makan. Cara ini juga harus dilakukan secara rutin sampai iritasi bisa reda dan bengkak bisa berkurang. Terus minum hingga batuk rejan benar-benar sembuh.

5. Obat Kanker Payudara

Kanker terjadi sebagai salah satu penyakit yang ganas dan bisa mematikan. Tidak hanya wanita, pria juga sangat mungkin terkena penyakit kanker tersebut. Bahkan, proses penyebaran kanker payudara itu jauh lebih cepat pada penderita pria dibandingkan wanita.

Cara mengobatinya dengan menggunakan daun yang satu ini adalah merebus 15 lembar sirih hitam bersama dengan daun sambiloto 1 genggam, air 3 gelas, dan daun iler 7 lembar. Rebus semuanya sampai mendidih dan tersisa 1 1/2 gelas. Saring dan biarkan dingin untuk kemudian gunakan sebagai air kompres pada payudara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *