Manfaat Bangle Untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Bangle Untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Bangle adalah tanaman yang tergolong dalam tanaman temu. Banyak orang yang sulit membedakan tanaman tersebut dengan jahe karena bentuknya yang sangat mirip, mulai dari daun, bunga, dan juga rimpang. Akan tetapi, jika dilihat dari rasa, keduanya sangat berbeda.

Di Thailand, masyarakat menyebut bangle sebagai plai. Mereka menggunakannya untuk bahan makanan dan obat pijat. Bahkan, juga digunakan sebagai aromaterapi untuk anti inflamasi. Berikut informasi yang dapat anda simak tentang apa saja manfaatnya.

Bangle

1. Mengobati Masuk Angin

Bangle sangat dipercaya untuk mengobati masuk angin sehingga dapat menggantikan bawang atau minyak angin untuk kerokan atau pijat. Sensasi panas akan bekerja untuk membuka pori-pori di punggung sehingga angin pun dapat mudah keluar dari tubuh.

Cara menggunakannya tak lain adalah dengan dicampur minyak sayur. Haluskan terlebih dahulu seperti krim dan jadikan sebagai minyak untuk pijatan. Atau anda bisa memarut bangle terlebih dahulu dan kemudian gunakan untuk memijat agar menciptakan efek panas.

2. Obat Batuk Berdahak

Apakah anda sering mengalami batuk berdahak? Apa yang anda lakukan ketika anda mengalami sakit ringan ini? Batuk berdahak dapat disembuhkan dengan menggunakan bahan alami yang satu ini. Cara kerjanya adalah memberikan sensasi hangat sehingga membuat tenggorokan terasa lega.

Caranya adalah dengan peras dua buah jeruk nipis untuk diambil airnya. Masukkan dan campur dengan segelas air. Lalu rebus bersama dengan 5 gram bangle hingga tersisa setengah gelas dan minum sebanyak dua atau tiga kali dalam sehari sampai batuk sembuh.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Efek tanaman temu ini juga sangat baik untuk kesehatan, tak ubahnya seperti temulawak atau kurkuma. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan selera makan. Daunnya juga bahkan disebut=sebut sebagai cara untuk meningkatkan nafsu makan secaraalami.

Caranya terbilang mudah yaitu dengan mengambil 1 lembar daun tanaman tersebut untuk kemudian diremas sampai keluar sarinya. Lalu, siapkan 1 gelas air bersih untuk direbus sarinya. Minum ramuan ini sebanyak satu kali sehari.

4. Obat Rematik

Biasanya, orang-orang yang menggunakan obat alami akan memilih arak cina untuk mengobati rematik. Arak cina juga sering digunakan untuk obat sendi. Nah, untuk anda yang punya masalah rematik, anda bisa mencampurkan rimpang tanaman tersebut yang sudah dihaluskan sampai 15 gram. Lalu, campur rata sampai seperti krim untuk kemudian dijadikan obat oles pada bagian yang terasa sakit.

5. Sakit Kepala

Sakit kepala tidak hanya membuat anda merasa kepala terasa berat. Namun, sakit kepala juga dapat menyebabkan masalah lainnya seperti aktivitas yang terbengkalai, sensasi tidak nyaman, dan membuat anda merasa tidak bersemangat. Nah, anda bisa menggunakan bangle sebagai cara alami untuk mengurangi sakit kepala.

Caranya sangat unik yaitu dengan menghaluskan rimpangnya. Kemudian, anda akan membuat krim dengan cara dicampur dengan sedikit air. Jika sudah tampak seperti krim, pijatkan pada bagian kepala yang terasa sakit. Sensasi rasa hangatnya akan membuat otot merasa rileks. Sehingga, anda pun dapat mengurangi sakit kepala yang terjadi.

6. Obat Demam

Selain sakit kepala, anda juga bisa memanfaatkan tanaman ini sebagai cara alami untuk mengatasi demam. Rasa pedas pada rimpangnya akan membuat tubuh merasa hangat. Ketika suhu tubuh hangat, maka demam akan pergi. Cara menggunakannya adalah dengan menyiapkan rimpang bangle sebanyak 20 gram dengan cara dicuci bersih dan kemudian diparut. Lalu, tambahkan 1 gelas air dan rebus. Campur juga dengan perasan air jeruk nipis 1 buah dan 1 sendok makan madu. Ramuan ini harus diminum dua kali sehari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *