Manfaat Ikan Gindara Untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Ikan Gindara Untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Gindara adalah salah satu nama ikan yang memang tidak populer. Akan tetapi, jenis ikan ini tinggal di laut atau di air asin. Bentuknya memang mirip seperti ikan tongkol dan habitatnya berada di alam bebas. Berat badannya bisa mencapai hingga lebih dari 50 kg.

Selain itu, ikan ini juga dikenal sebagai ikan setan karena warna dan bentuknya yang tampak menyeramkan. Sedangkan pada bagian sisiknya tampak hitam dan sangat tajam. Nama lain ikan ini adalah ikan para raja atau juga ikan Opu. Berikut adalah berbagai manfaat yang dapat anda temukan dari Gindara.

Ikan Gindara

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan memanfaatkan minyak ikan pada Gindara, maka anda akan mendapatkan manfaat yang sangat bernilai yaitu meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh sangat penting untuk kesehatan, mengapa demikian? Daya tahan tubuh yang meningkat akan membuat anda lebih bugar. Anda jadi tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. Bahkan, dengan menggunakan minyak ikan tersebut, maka anda akan memiliki resiko rendah terserang beberapa penyakit seperti pusing, sesak nafas, TBC, batuk, influenza, atau juga demam.

2. Melindungi Tubuh Dari Kanker

Anda juga bisa menggunakan minyak ikan tersebut untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang memicu kanker. Memang, sampai saat ini belum diketahui kanker apa yang bisa dicegah dengan menggunakan minyak ikan yang satu ini. Akan tetapi, kanker selalu berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh, termasuk kanker kelenjar getah bening.

3. Obat Tifus dan Demam Berdarah

Sakit tifus dan demam berdarah juga dapat diatasi dengan menggunakan minyak ikan tersebut. Ketika sedang sakit tifus atau demam berdarah, anda bisa mempercepat proses pemulihan dengna rajin mengonsumsi minyak gindara. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan minyak ikan tersebut akan membantu tubuh untuk meningkatkan jumlah trombosit yang ada di dalam tubuh.

4. Mencegah Kolesterol

Untuk anda yang betanya-tanya mengapa minyak ikan ini sangat baik untuk penderita kolesterol? Hal ini tak lain karena didalam minyak ikan tersebut memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cukup besar. Lemak tak jenuh sangat baik fungsinya untuk menurunkan kadar kolesterol yang berlebih dalam tubuh. Selain rendah kolesterol, anda juga bisa memanfaatkan minyak ikan tersebut untuk mencegah ebrbagai penyakit kronis yang disebabkan oleh kolesterol tinggi, misalnya adalah sakit jantung.

5. Bagus Untuk Perkembangan Otak Anak

Tak hanya mengandung lemak tak jenuh yang sangat tinggi, Gindara juga mempunya kandungan asam lemak ganda atau DHA yang cukup besar. Berbagai penelitian juga menyebutkan bahwa kandungan DHA didalam ikan tersebut sebanyak 1.98 persen. DHA tentu sangat dibutuhkan tubuh terutama pada pertumbuhan anak-anak. Beberapa manfaat diantaranya adalah membantu perkembangan kognitif, membantu perkembangan otak, membantu masa pertumbuhan anak, juga membantu perkembangan janin saat dalam masa kehamilan.

6. Membantu Kesehatan Otot

Gindara juga merupakan salah satu ikan yang punya kandungan protein yang cukup tinggi. Memang kandungannya tidak setinggi ikan laut lainnya. Akan tetapi, protein dibutuhkan untuk tubuh dalam menjaga kesehatan seari-hari. Fungsi protein tidak hanya menjaga daya tahan tubuh, tapi juga memperkuat tubuh, menjaga otot tetap sehat, dan membuat masa otot jadi meningkat.

Itulah berbagai manfaat Gindara untuk kesehatan. Pengolahan yang baik sebaiknya tidak dibakar atau digoreng. Cara yang baik mengolah ikan yang satu ini adalah dengan dimasak kuah. Hal ini penting supaya kandungan lemak didalam ikan tersebut tidak hilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *