Manfaat Kembang Teleng Bagi Kesehatan

7 Manfaat Kembang Teleng Bagi Kesehatan

Diposting pada

Kembang teleng adalah tanaman merambat yang ada di hutan atau di pekarangan rumah. Selain digunakan untuk tanaman hias, tanaman dengan bunga warna biru terang ini ternyata juga punya warna yang lain seperti pink, putih, dan ungu. Nah, anda juga bisa memanfaatkan bunga yang satu ini untuk berbagai kesehatan.

Kembang Teleng

1. Kandungan Kimia

Didalam bunga tersebut, terdapat berbagai senyawa kimia seperti fenol, alkaloid, flavonoid, delphirridin, triglucoside, sulfur, saponin, dan juga ca-oksalat. Sedangkan pada bagian bunganya mengandung zat kimia seperti triterperroide dan kaemferol 3-glukoside. Kendati demikian, pada bagian akarnya sangat beracun. Hal ini dikarenakan adanya efek farmakologis seperti zat pencahar atau laxative, diuretic, pembersih darah dan juga perangsang muntah. Seringkali pada bagian biji bunga digunakan untuk obat cacing dengan efek pencahar yang ringan.

2. Obat Untuk Sakit Mata

Masyarakat sering menggunakan Kembang teleng sebagai obat alami untuk mengobati masalah pada mata seperti mata merah, mata belekan, dan lainnya. Khasiatnya memang untuk membuat penglihatan jadi lebih jelas. Cara menggunakannya adalah dengan  mengambil kuntum kembang telang dan merendamnya pada segelas air. Kemudian, air akan berubah menjadi biru. Kemudian, gunakan air tersebut untuk cuci mata.

3. Obat Sakit Telinga

Tak hanya untuk sakit mata, kembang yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk masalah telinga. Caranya, gunakan beberapa helai daun dan peras. Lalu campurkan dengan garam di bagian telinga yang terasa sakit. Cara ini harus dilakukan secara teratur sampai benar-benar sembuh.

4. Obat Bisul

Apakah anda mengalami abses? Bisul atau abses dapat terjadi pada semua kalangan dan itu adalah hal yang sangat umum. Anda bisa megobatinya dengan cara yang alami. Salah satu cara yang tepat adalah dengan menggunakan ramuan yang dibuat dari Kembang teleng biru. Kemudian, tumbuk dengan gula jawa. Hasil tumbukan bisa dibalurkan pada bagian yang terkena bisul. Cara ini harus dilakukan secara rutin sampai benar-benar sembuh.

5. Cuci Darah

Tahukah anda bahwa anda juga bisa memanfaatkan tanaman yang satu ini untuk kesehatan, terutama untuk cuci darah? Cuci darah sangat diperlukan karena darah yang kotor akan menyebabkan berbagai penyakit kulit seperti bisul dan lainnya. Cara melakukan perawatan ini akan membutuhkan akar tanaman kembang telang, terutama telang putih. Lalu, rebus dan minum air rebusannya dengan rutin. Ramuan ini dipercaya nenek moyang untuk mencuci darah.

6. Obat Bronchitis

Bronchitis adalah peradangan yang terjadi pada bagian saluran pernafasan. Ramuan herbal ini didapat dari akar tanaman. Nah, cara memanfaatkannya adalah dengan merebus sekitar 30 sampai 60 gram akar telang. Lalu, campur dengan 4 gelas air bersih. Pastikan jika kadar air tersebut hanya tinggal setengahnya saja. Kemudian, konsumsi air rebusan tersebut jika sudah dingin. Minum saat pagi dan malam hari sebanyak 1 gelas setiap minum.

7. Untuk Detoksifikasi

Anda juga bisa memanfaatkan Kembang teleng untuk dibuat teh herbal. Fungsinya tak lain adalah untuk menghilangkan seluruh racun yang ada dalam sistem pencernaan. Cara membuatnya juga terbilang sederhana. Siapkan dua atau tiga kuntum kembang telang. Lalu, campur dengan air panas untuk diseduh dan biarkan sekitar 10 menit. Jika sudah, maka minum ramuan tersebut. Tambahkan perasan jeruk atau madu untuk menambah cita rasa.

Demikian informasi yang lengkap tentang apa saja manfaat Kembang teleng untuk kesehatan, semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *